host gator coupons Materi Drama: Tertipu

Senin, 21 November 2011

Tertipu

TERTIPU
Tokoh (boleh menggunakan nama sendiri)   
1.      Siti
2.      Ana
3.      Fani
4.      Nur
5.      Dita
Keterangan; Jimat berupa rok yang terbuat dari koran bekas

Babak 1

(Latar menggambarkan sebuah warung pedagang kaki lima.)
Siti                            : (sambil berkipas-kipas) Waduh....siang begini kok panas banget ya.....? mana dagangan belum laku-laku ni, sial banget hari ini.
Ana                          :  (muncul mendekati siti) lagi nyantai mbak Siti?
Siti                            :  Ya...beginilah... Kamu kenapa kok murung gitu?
Ana                           : Saya lagi pusing, mbak Siti.
Siti                            : Pusing kenapa kamu, An?
Ana                           : Pusing lagi mikirin utang, mbak...
Siti                            : Memangnya kamu punya utang sama siapa, An?
Ana                           : Saya punya utang sama mbak Novi, mbak.
Siti                            : Berapa,kok sampai pusing gitu?
Ana                           : Gak banyak, mbak, hanya satu juta.
Siti                            : Ribet tu, kalau berurusan sama Novi.
Ana                           : Iya, mbak. Saya sudah seminggu diuber-uber sama mbak Novi. Tadi pagi aja dia nyuruh mbak Fani datang ke rumah untuk nagih utangnya, mbak. Tapi saya sembunyi, mbak. Gimana ini, mbak?
Siti                            : (berpikir sejenak) Emh....gini aja, gimana kalau kamu pake cara saya?
Ana                           : Memangnya mbak punya cara apaan...?
Siti                            : (Kemudian mengeluarkan jimat dan memberikan kepada Ana) ini pake jimat saya.
Ana                           : (Sambil memegang jimat dari Siti) Jimat apaan ini, mbak, kok begini?
Siti                            : Itu jimat tolak miskin, hasil bertapa saya selama empat puluh hari empat puluh malam, tapi ini gak gratis, An.
Ana                           : Iya, mbak saya ngerti. mana ada sekarang yang gratis, mbak. Semuanya serba bayar gak terkecuali sama mbak. Meskipun kita ini sebenarnya teman.
Siti                            : Teman sih teman, tapi kalau masalah beginian lain, An.
Ana                           : Iya saya pasti bayar, asal jimat ini terbukti manjur.
Siti                            : Dijamin manjur, tinggal dipakai semua masalah langsung hilang.
Ana                           : (Kemudian Ana memakai jimat dari Siti) Masak cuma pake beginian bisa menghilangkan masalah, mbak?
Siti                            : Ya bisa dong...namanya saja jimat
Ana                           : Jimat sih jimat, tapi gak harus beginian juga, entar saya dikira orang gila, mbak.
Siti                            : Tenang saja, An. kalau kamu sudah pakai jimat itu, orang-orang gak bakalan bisa liat kamu, An.
Ana                           : Masak sih...? Tapi mbak kok masih bisa lihat saya?
Siti                            : Lo....saya kan yang bikin jimatnya.
Ana                           : Oh...iya, berati kalau udah pake beginian jadi gak bisa diliat orang,mbak?
Siti                            : Betul-betul betul...
Ana                           : Jadi sekarang mbak Fani gak bisa menemukan saya dong?
Siti                            : Ya iyalah...masak ya iya donk.....
Siti-Ana                  : (Tertawa bersama)
(tak lama kemudian Fani muncul)
Fani                          : (Mondar-mandir bingung mencari Ana) kemana sih, Ana? Dicari-cari kemana-mana gak nampak juga batang hidungnya.
Ana                           : Mbak...mbak...mbak Siti, mbak Fani beneran gak bisa liat saya.
Siti                            : (Memberi isyarat agar Ana tidak bersuara) Memang ada apa mbak, Fani kok cari-cari Ana?
Fani                          : Ana itu punya utang sama mbak Novi tapi dia gak mau bayar, padahal dia baru aja  gajian.
Ana                           : (menghampiri Fani dan mencibirnya)
Siti                            : Oh...begitu.
Fani                          : Apa tadi ada Ana ke sini, Mbak?
Ana                           : (Menghampiri Fani dan mencibirnya lagi)
Siti                            : ehm.... iya mbak, tadi dia ke sini tapi dia sudah pergi.
Fani                          : Pergi kemana dia?
Ana                           : (Menghampiri Fani dan mencibirnya)
Siti                            : (Menunjuk ke arah kanak) Ke sana Mbak.
Fani                          : o...ke sana, ya udah kalau begitu saya mau cari dia.
Siti                            : Iya, mbak...smoga sukses.
Ana                           : (kegirangan) Bener-bener manjur jimat ini,Mbak.
Siti                            : Jangan senang dulu, An.  kalau pakai jimat itu ada syaratnya.
Ana                           : Syaratnya apaan, Mbak?
Siti                            : Selain harus bayar lima ratus ribu, kamu harus jalan keliling kampung menggunakan jimat itu, biar lebih manjur gitu.
Ana                           : Oke mbak....ini saya bayar lima ratus ribu. (Mengambil uang di sakunya kemudian memerikan pada Siti)
Siti                            : (Mengambil uang dari Ana)nah begitu dong.
Ana                           : Ya sudah mbak, saya mau keliling dulu. Biar tambah majur jimatnya.
Siti                            : Iya...iya...iya...
(siti kembali bersantai di warungnya sambil mengipas-ngipaskan uangnya)
Siti                            : Lumayan....buat penglaris.

Babak 2
Latar menggambarkan sebuah warung pedagang kaki lima.
 (Tak lama kemudian datang Nur dengan tampang kesal)
Siti                            : Kenapa kamu kesal gitu, Nur?
Nur                           : Saya lagi pusing cari kerjaan ,mbak.
Siti                            : Cari kerjaan kok pusing? Kreatif dong..!!
Nur                           : Kreatif gimana, mbak?
Siti                            : Seperti orang-orang bilang “kerja ditolak, dukun bertindak”
Nur                           : Salah mbak, bukan begitu... yang ada itu “cinta di tolak dukun bertindak” begitu
Siti                            : Loh...loh...loh... ya sama aja...gitu. kan sama-sama ditolak, Nur.
Nur                           : Emh....betul juga. Trus dimana tempat dukun yang bisa bantu saya, mbak?
Siti                            : Santai, Nur. Selama ada Siti, semua masalah pasti beres. Apa lagi Cuma masalah kerjaan, saya ini jagonya.
Nur                           : Beneran, Mbak?
Siti                            : Ya iyalah....masak saya bohong?
Nur                           : Okelah mbak, saya percaya.
Siti                            : (Kemudian mengeluarkan jimat dan memberikan kepada Nur) ini pake jimat ini.
Nur                           : (Sambil memegang jimat dari Siti) jimat apaan ini, mbak, kok begini?
Siti                            : Itu jimat hasil bertapa saya selama empat puluh hari empat puluh malam, tapi ini gak gratis, Nur.
Nur                           : Ia Mbak, tidak apa-apa, yang penting saya dapat kerjaan, gak enak nganggur terus.
Siti                            : Gitu dong, ayo langsung dipakai!
Nur                           : Ia, Mbak (sambil memakai jimat) kalau pake beginian kayaknya saya mirip sama orang gila yang ada di pasar itu ya, mbak?
Siti                            : Jangan khawatir, Nur. Kalau sudah pakai jimat itu, orang lain gak bakalan bisa liat kamu.
Nur                           : Bener, mbak?
Siti                            : Ya bener lah.....
(kemudian tampak Fani datang dan duduk di warung)
Fani                          : Ngomong sama siapa mbak?
Nur                           : Mbak Siti, mbak Fani bener-bener gak bisa liat saya, mbak
Siti                            : Lagi ngomong sendiri mbak, gini dah kalau dagangan lagi gak laku pikiran saya jadi gak waras,  sukanya ngomong sendiri (sambil memberi isyarat pada Nur untuk diam)
Fani                          : Oh gitu mbak. Barusan ada Nur datang ke sini mbak? Soalnya tadi saya ketemu dia di jalan, katanya mau ke sini tapi kok gak ada.
Siti                            : Tadi nur emang ke sini, tapi dia sudah pergi tuh.
Fani                          : Ya udah, saya mau nyusul dia.
Nur                           : Mbak siti, mbak Fani bener-bener gak bisa liat saya, mbak.
Siti                            : Jangan senang dulu, Nur.  kalau pakai jimat itu ada syaratnya.
Nur                           : Syaratnya apaan, mbak?
Siti                            : Selain harus bayar lima ratus ribu, kamu harus jalan keliling kampung menggunakan jimat itu, biar lebih manjur gitu.
Nur                           : Oke mbak....ini saya bayar lima ratus ribu. (mengambil uang di sakunya kemudian memerikan pada Siti)
Siti                            : (mengambil uang dari Nur) Nah begitu dong.
Nur                           : Ya sudah mbak, saya mau keliling dulu. Biar tambah majur jimatnya.
Siti                            : Iya...iya...iya...kalau bisa kelilingnya sampai tiga kali, biar lebih manjur jimatnya.
(siti kembali bersantai di warungnya sambil mengipas-ngipaskan uangnya)
Siti                            : Lumayan..... Kalau tiap hari dapet kayak gini, bisa cepet kaya ni.
(tak lama kemudian datang Fani)
Fani                          : Waduh....ada yang dapet rejeki nomplok ni..., hayo mana bagian saya?
Siti                            : Sabar dulu, ni bagianmu.
Fani                          : Loh kok cuma dua ratus, kan perjanjiannya 50-50
Siti                            : Eh...ni orang kok ada bersyukurnya, itu udah sama dengan gaji kamu sebulan kerja sama mbak Novi ngejar-ngejar orang yang punya utang, terima aja! Udah untung saya kasi segitu, kerjamu kan Cuma datang, duduk pake makan dan minum gratis juga.
Fani                          : Curang kamu, Sit
Siti                            : Ya sudah ni saya tambah, jangan banyak omong lagi.
Fani                          : Ya udah terima kasih. Pada kemana Ana dan Nur?
Siti                            : Masih keliling kampung
Fani_Siti                 : (Tertawa bersama)
Fani                          : Kalau begitu sekarang kita harus cepat-cepat pergi, karna sebentar lagi dia pasti mencari saya, Fan.
Fani                          : Ayo...cepet-cepet
(Mereka berdua pun bergegas pergi)

Babak 2
Ana                           : (Tampak bingung) Kemana mbak Siti, kok warungnya udah tutup? Biasanya kan sampai malam.
(Beberapa saat kemudian datang Nur)
Nur                           : (Terkejut) loh...mbak Ana kok pakai begituan?
Ana                           : Kamu kenapa pakai itu  juga?
Nur                           : Ini dari mbak Siti, mbak. Mbak dari mana?
Ana                           : Dari muter-muter keliling kampung, mbak.
Nur                           : Sama donk...(diam sejenak) kayaknya ada datang, mbak. Kayaknya mbak Dita.
Ana                           : Tenang aja,dia  gak mungkin melihat kita
Nur                           : Oh iya...kita kan pakai jimat ini
Ana-Nur                 : (Tertawa)
Dita                          : Waduh waduh....sepi benar tempat ini...., pada kemana orang-orangnya?(bingung mencari-cari orang)
Ana-Nur                 : (Menghampiri Dita dan mencibirnya)
Dita                          : Kayak bau comberan, padahal di sini tempatnya bersih (mengendus mencari asal bau)
Ana-Nur                 : (mencium ketiaknya)
Dita                          : Oh...ini yang bau comberan?
Ana                           : Loh..mbah Dita bisa liat saya?
Dita                          : Ya bisa dong, memangnya kenapa? Kamu kira saya gak liat kalia? Saya ini lagi menghafalkan naskah, tau. Ni (menunjukkan naskah drama)
Ana                           : Jadi, mbak bisa lihat mbak Nur, juga?
Dita                          : Ya iya lah...waktu kalian keliling kampung yang sambil joget-joget itu, banyak orang tanya ke saya “sejak kapan Ana dan Nur jadi gak waras gitu, Dit?”  saya jawab aja “sejak tadi pagi” begitu
Nur                           : Beneran, mbak?
Dita                          : Loh iya...
Nur                           : waduh....berati mbak Siti dan Fani sudah nipu saya ni.
Ana                           : Bukan kamu saja mbak, saya juga ditipu.
Dita                          : Makanya jangan mudah percaya sama orang, kalau mau mendapatkan yang kita inginkan kita harus bersaha dan berdoa, jangan sampai kita percaya sama yang tahayul gitu. Apa lagi sampai percaya sama jimat, itu sama halnya dengan menyekutukan Allah. Murtad kamu
Ana                           : Iya mbak, terima kasih atas nasehatnya. Saya tidak akan mengulangi kesalahan seperti ini lagi
Dita                          : Ya sudah sekarang kita cari mereka. (mereka bertiga pun beranjak mencari siti)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar